Sistem Kerja Tegangan LCD Sony 32BX 300

Bismillah. Apa yang saya tulis di bawah ini saya harap bisa sedikit membantu bagi rekan teknisi dalam memahami sistem kerja tegangan pada TV LCD Sony 32BX 300. Pemahaman prinsip kerja suatu merek dan type TV sangat penting dalam servis LCD TV untuk mempercepat teknisi menemukan kerusakan. Beberapa merek dan tipe LCD TV (terutama Sony) seringkali berbeda dengan prinsip kerja merek dan tipe lainnya, sehingga seringkali menjebak teknisi melakukan kesalahan prediksi.
Tulisan saya ini tidak berpanduan buku ataupun service manual, hanya semata-mata hasil pengukuran dan analisa. Jadi, jika ada kekurangan kami mohon kritik dan sarannya.
  1. Pada saat AC power cords (colokan listrik) dihubungkankan ke stop kontak (steker), tegangan STB 3.3v keluar .
  2. Pin  AC OFF DET keluar tegangan 3.3v juga. Pin  ini berfungsi untuk mendeteksi tegangan AC 220V. Kalau tegangan tidak normal, tegangan pada pin AC OFF DET ini akan menjadi  0V dan memberi isarat ke MCU untuk berhenti proses. Jika tegangan AC normal, tegangan pada pin AC OFFDET menjadi 3.3v dan MCU siap ke proses selanjutnya (pada proses ini lampu indikator standby belum menyala).
  3. Setelah AC OFF DET normal MCU memberi perintah ON power suply melalui pin POWER ON
  4. Dari power suply keluar tegangan REG 12V, AUDIO 12V dan 24V inverter.
  5. Saatnya MCU bekerja lagi menganalisa tegangan yang masuk ke mainboard sekaligus menganalisa hardware yang terpasang di mainboard sudah siap bekerja apa belum. Jika hardware sudah siap, baru lampu indikator menyala merah dan TV siap dihidupkan.
  6. Tombol power ditekan, lampu indikator dari merah berubah menjadi hijau. Pada proses ini MCU bekerja lagi mengecek Blok T-CON sudah siap apa belum. Jalau belum siap atau terjadi kerusakan pada blok T-CON,  TV kembali standby. Sebaliknya, jika blok T-CON sudah siap dilanjutkan memberi tegangan ke T-CON.
  7. Pin T-CON on diberi tegangan 3.3V oleh mainboard. Di pin T-CON, VCC 12V power suply keluar tegangan 12V untuk men-supply Blok T-CON.
  8. Proses dilanjutkan, MCU memberi perintah untuk menyalakan INVERTER melalui pin BL ON di power supply (tegangan sekitar 3.3V). Kalau backlight tidak nyala karena kerusakan di inverter atau di lampunya, pin BL-ERR akan memberi perintah MCU untuk berhenti, proses TV akan kembali ke standby.

Urutan ini bisa dijadikan acuan pada blok mana yang terjadi kerusakan jika Anda mendapat servis LCD TV Sony 32BX 300.

comment 35 comments:

BogiroMan on December 25, 2011 at 12:17 AM said...

Pertamax!
Eh... emang lcd pake pertamax ya?

sarif tv said...

misalkan ada kerusakan mati total, lampu stanby tidak nyala, tegangan stb 3.3V ada, jangan buru2 mengambil keputusan kalau kerusakan ada di mainboard. tegangan AC OFF DET nggak ada atau tegangan 12V setelah power suply on juga tidak ada.menyebabkan proses booting belum selesai.
kalau tegangan 12V nggak keluar pertama yang perlu di curigai IC CXA3809

Aisy on December 25, 2011 at 12:27 PM said...

oke di tunggu tulisan-tulisan berikutnya Kang! sukses selalu!

kurnia service elektronik on January 3, 2012 at 10:23 AM said...

manteb bos..

Service tv on January 9, 2012 at 6:57 PM said...

ini baru dokternya lcd, dilanjut gan bagi bagi ilmunya

Service tv on January 9, 2012 at 6:58 PM said...

kang kalo pengganti ic cxa 3809 apa ya ?

sarif tv said...

CXA3809 KAMI READY STOCK KALAU PERLU EMAIL/ SMS AJA

achmad on January 16, 2012 at 1:28 AM said...

Mohon dibantu ya bos, IC P0550 AD penggantinya apa ya, aku udah keliling kota nyari, ga dapet, itu aisi power supply panasonic lcd viera, thanks mohon bantuannya

servis tv on January 16, 2012 at 7:57 AM said...

bro achmad kenapa sampeyan ga bawa aja ke tempatnya dokter syarif dia ahli pasti ada aisinya....memang ente dimana

Anonymous said...

kalau ada keluhan tv lcd LG tipe 32lg30ra-ta kerusakan d nyalakan nyala tp setelah d standby gak bs on lg......kerusakan d bagian apa....

Anonymous said...

Kang...tv ane sony bravia lcd-klv/37s400a, kerusakanya 1. ada garis horizontal putih, 2. gambar gelap seperti negative film. pertanyaanya kerusakan dibagian apa dan biaya berapa..soalnya ane cukup jauh di bekasi ..thks Kang..

adrie said...

maaf mas mau tanya..kalo sitem LG 32LV2530..sama / mirip tidak dengan sony 32BX300, tv saya kayanya problemnya sama kaya sony diatas..kalau di colokin cuma bunyi klik aja tapi ga mau nyala, indikator lednya jg mati..
soalnya saya masih / lg belajar untuk LED/LCD ...terima kasih atas ilmunya..

mas yono said...

ne gan saya ada problem pada LCD TV LG. setiap power ON selau menunggu hingga 2jam bahkan lebih baru TV bisa nyala dengan Normal......mulanya hanya Stanby dan Protect Buzer berbunyi.....solusi nya gan...............

aci elektronik on April 13, 2012 at 3:29 AM said...

semugah banyak gunanya untuk menambah ilmu bagi rekan2 semua

aci elektronik on April 13, 2012 at 3:31 AM said...

kalau regulatornya lcd toshiba 32 inc sampai sumenep madura berapa bos?

Anonymous said...

Kang Sarif, TV saya Sony klv-37s400a mati karena serangan petir. Hasil diagnosa bengkel Sony kena di power supply dan ongkosnya lumayan, jadi masih pikir2 dulu cari solusi alternatif. Ada saran lain?

Anonymous said...

punya saya lcd nya bergaris vertikal, gimana solusinya bang..

Anonymous said...

ada yang punya board t-con BRAVIA KLV-37U300A ? hubungi aku ya gan 081325468494

Hobby Tekhnis Elektronika on June 20, 2012 at 9:00 AM said...

Mas..,saya msh katrok dg TV LCD. sy ada mslh pada Sony bravia KLV-40S400. Keadaan matot. didapati 2fet K3934 koit dan IC TEA1507P pecah. setlah melakukan penggantian part, belum sempat apa2 TEA1507P lgsung pecah dan R fusenya terbakar. Fetnya msh OK. pengecekan dioda dan R di blok ini semuanya OK. Sekiranya apa yg perlu saya cermati..?. mohon masukannya.....Tks.

Anonymous said...

tv lcd 32 sony bravia ada suara tetapi gambar tidak kluar/polos.

Anonymous said...

Kulonuwun dan salam kenal semua...
Saya juga punya problem dg tv ini, tegangan STB ada, tapi AC OFF DETnya ngedrop cuma 0.11 volt, kira2 apanya ya? Barangkali para master berkenan bantu saya, mau saya bawa ke tempat Kang Sarif jauh soalnya..

Ujang kiwir on October 11, 2012 at 10:19 AM said...

mohon bantuanya,saya juga lagi ada masalah dengan LCD SONY 32BX311.saat swit power di tekan lampu berubah hijau,tapi pada PIN Tcon-on tidak ada tegangan 3.3v nya,pada PIN VCC Tcon 12v juga tidak keluar tegangan seperti langkah-langkah yg sudah mas tulis di atas.tapi lampu indikator tetep pada posisi warna hijau dan tidak kembali ke stanby.
kira kira kerusakan pada apa ya mas........???
terimakasih sebelumnya......

wahid said...

melu moco ben tambah ilmu

Anonymous said...

Bermanfaat sekali ilmunya.makasi..

Saputrajmdst Utama on December 10, 2012 at 7:25 AM said...

terimakasih banyak atas impormasi nya mas

Saputrajmdst Utama on December 10, 2012 at 7:26 AM said...

terimakasih banyak atas impormasi nya mas

sammy168 on January 5, 2013 at 3:34 AM said...

gan tv saya LCD Sony Bravia KLV-32BX311, tidak nyala> kabel power sudah dimasukkan lampu indikator merah lalu otomatis ke hijau dipencet tombol power dari remote/TV tetep tidak nyala. mohon bantuan solusi nya. hatur nuhun gan.......

Anonymous said...

Gan, saya ada masalah sama TV Sony KLV-32BX300.....Istri saya beli kurang lebih 14 bulan yang lalu, cuma belum pernah dinyalain, sekali-kalinya dinyalain pas pertama beli aja buat make sure TV-nya nggak rusak.
nah setaun kemudian, pas saya coba nyalain, ternyata TV nya nggak mau nyala Gan.....pas dicolokin kabel ke Listrik, lampu stand by warna merah nyala dan PAs saya tekan Power, langsung masuk ke tampilan Sony nya dan lampunya berubah ke hijau...tapi nggak berselang lama kembali ke Stand By Mode dan layar Blank dan lampu kembali ke Merah dan berkedip-kedip.....
Apa ada pengaruh nya dengan pemakaian, mengingat kurang lebih 1 taun TV itu nggak pernah dinyalain????
Minta sarannya dong Gan atau buat siapa aja yang tau solusinya, soalnya sayang banget TV itu belum pernah dipakai sekalipun....
TErima KAsih banget......
Thank u Gan, klo ada saran bisa ke e-mail aja
eddy_freund@hotmail.com

personal server on March 25, 2013 at 7:48 PM said...

dengan hormat.
mas..hebat. ane punya tipi sama persis dengan ini bx32 300 juga. awalnya kerusakan pada saat dihidupkan booting normal-tv nyala. tapi sekitar 5 detik kemudian timbul garis vertikal putih dari sebelah kiri. makin lama makin melebar dan akhirnya semua tertutupi dengan warna putih (tapi gambar tv masih nampak). karena sering begitu akhirnya lama2 sampai sekarang TV tidak mau booting lagi. baru sampai di logo screen "SONY" langsung standby lagi. kira2 kerusakan dimana ya. dan bagian mana yang harus saya ganti. thanks. imel saya izummate@yahoo.com.
atas bantuannya diucapkan terima kasih.

ikhwanul muslim on December 23, 2013 at 3:07 AM said...

om saya butuh power suplay polytron type PLM 24M60
ada kah

M. Ma'in Arifin on December 23, 2013 at 6:51 PM said...

Mas mau tanya power suplay ada jualanNya gak?

Ninong Sweazea on January 20, 2014 at 9:10 PM said...

pak tanya nih...lcd tv 32 sony KLVs400 saya kalo awal start gambar normal berapa detik jadi buram kira2 itu kena apanya ya..? fuse t-con udah saya cek ga putus biasanya kalo t-con kena untuk sony kan suka protek tapi ini nggak....mohon pencerahan mas...trims

Toni Agustian's on March 15, 2014 at 3:37 AM said...

Saya punya TV sony persis seperti type diatas. sekarang tidak mau nyala, cuman booting trus stand by lagi.
dimana saya bisa membeli "power supply board klv-32bx" tersebut?.. mohon bantuan infonya.
dan apakah sama power board type KLV dengan KDL?

ADHITIA se on May 26, 2014 at 4:13 AM said...

Ikut sinau ben pinter

Anonymous said...

mz,sy pny problem lcd polytron stanby tegng out PSU NORMAL,TLG KANG BLZk e-mil q,yogaayog2@gmail.com.matursuwun kang

Post a Comment

Delete this element to display blogger navbar

 
© Electronic Clinic | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger