Sunday, March 22, 2009

Penguat IF

Penguat IF berfungsi merubah signal if ke signal video dan audio. Signal IF keluaran tuner di saring dengan SAW FILTER masuk ke IC penguat if. Di dalam ic signal di proses, di pisahkan antara signal suara dan gambar.





* Signal suara di filter dengan kondensator filter (CF) ,besaran frekwensinya di deteksi dengan coil audio detektor, dan keluar melalui audio out . Signal audio siap di umpan ke amplifier.
Untuk audio Nicam ,Signal IF keluaran tuner di pisah jadi dua dengan dua SAW filter . SAW Filter untuk nicam masuk ke sound IF ,signal analog dari SIF di rubah menjadi digital di ic nicam. Setelah di proses secara digital suara di rubah jadi analog dan siap di umpan ke amplifier.

*Signal gambar, frekwensinya di deteksi dengan coil video detektor dan keluar melalui video out.Signal video membawa beberapa jenis frekwensi,yaitu frekwensi gambar hitam putih (Y), frekwensi warna (C), dan sinkron .

*AGC, mendeteksi kekuatan signal yang masuk di penguat if,AGC di hubungkan ke tuner, apabila signal kuat tegangan AGC akan menurun dan mengecilkan kekuatan signal di tuner, apabila signal lemah tegangan di AGC akan naik dan menaikan signal di tuner.Besar kecilnya kenaikan tegangan bisa di atur di AGC kontrol (VR).

*AFT, mendeteksi keakuratan penalaan (VT) pada tuner, Pada dasarnya cara kerja AFT sama seperti AGC ,cuma kalau AFC yang di deteksi ketepatan frekwensi , ketepatan frekwensi bisa di atur di coil AFC. Untuk Tv dengan ic program, AFT di umpan ke ic program. fungsinya untuk memberi isyarat ok ke ic waktu search dan menjaga kestabilan VT ada beberapa jenis tv yang di fungsikan juga untuk automatik stanby waktu acara tv habis (no signal).

* TV modern coil dan CF sudah tidak dipakai pemrosesan audio dan video memanfaatkan oscilator cristal .

Contoh kerusakan dan cara mengatasinya
-Gambar berbintik --> Cek tegangan AGC di tuner.
-Auto search tidak mau memory / tuning bergeser --> cek coil AFT dan coil video detektor kerusakan biasa terjadi pada capacitor di dalam coil.
-Suara berdesah --> cek CF audio, coil audio detektor.
-Suara tidak ada, tombol panel dan remote control sulit respon (macet) ---> cek modul nicam stereo.
Load disqus comments

0 comments