Sunday, March 22, 2009

Mainboard Plasma 42” SAMSUNG

Sehari semalam aku oprek board plasma Samsung. Kerusakan gambar klise. Ada warna saja tetapi gambar tidak ada. Dalam bayanganku sebelumnya, kerusakan ini akan sangat mudah teratasi. Pasti signal (y) tidak ada, pikirku.
Oscilloscope tua andalanku, Kenwood 40MHz analog aku keluarkan. Dengan Eyang Kenwood itu aku ukur signal (y) masuk ke IC. Eh..., Ternyata ada signal! Pb dan Pr ada juga. Waduh, tebakanku salah. Terpaksa aku ukur sana sini, dan ternyata semua tegangan oke.


Wah, gawat nih. Badan udah loyo, mata tinggal lima watt tidak bisa diajak kompromi. Akhirnya aku tidur aja. Buat rekan-rekan pembaca yang ingin tahu bagaimana aku mengatasi masalah ini, sabar yah... Tunggu sampai aku bangun tidur. Tapi jangan pergi dulu. Masih banyak artikel di blog ini yang bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda. Atau Anda bisa juga mengunjungi blog rekan-rekan Electronic Clinic yang terpampang di Recomended Link pada sidebar di samping.
Load disqus comments

0 comments