Sunday, January 04, 2009

Board Panel LCD TV


Aku punya pengalaman pribadi. Ada hubungan singkat di tegangan 5V board panel LCD, mau ganti board, otomatis ganti panel , harganya pasti mahal. Akhirnya aku perbaiki aja itu board, kan cuma nyari komponen yang konslet , (Gampang, kan? Kata yang punya) . Akhirnya aku lacak jalurnya ke sana kemari sampai hampir 2 jam ndak ketemu juga. Lha wong PCB-nya aja 3 atau 4 layer, sampai botak juga gak ketemu. Aku udah hampir putus asa, akhirnya testerku yang nggak ada masalah aku bongkar. Aku pasang dua kabel (-) dan (+) batery dan aku masukin ke board yang konslet tadi, tiba-tiba ada yang ngerokok (ngebul, maksudnya) di board. Kapasitornya keluar asap. Aku congkel aja itu capasitor kutu, habis itu aku nyalain ... jrengg OK deh.

Mudah-mudahan pengalamanku dapat membantu Anda.
Load disqus comments

2 comments